Senin, 22 Oktober 2012

Blue Print MCQ Uji Kompetensi Bidan Indonesia

Goal : Membangun sistem pendidikan bidan
Meliputi :
Input---> Proses---> Output
Membentuk sistem di institusi bidan :
1. Tim Writer Soal
2. Tim Review Soal
3. Tim Item Bank ---> hanya di pegang oleh ketua program studi.
Koordinator mata kuliah harus membuat blue print secara nasional dan mengacu standar
Tinjauan I : Area Kompetensi Bidan
1. Etik legal dan keselamatan pasien
2. Komunikasi Efektif
Tinjauan II : Domain
Tinjauan III : Kesehatan Reproduksi Perempuan
Tinjauan IV : Lingkup Praktek Bidan
Tinjauan V : Manajemen Asuhan
Tinjauan VI : Sasaran
Tinjauan VII : Setting Pelayanan
Memahami prinsip :
1. Dasar-dasar ujian regional/ nasional
2. Dasar prinsip assesment
3. Standar kualitas soal MCQ (type A)
4. Prinsip-prinsip proses review
Mampu melakukan
1. Self review
2. Review soal orang lain
Urgensi ujian nasional :
1. Proses standarisasi penilaian kemampuan
2. Menegakan akuntabilitas profesional
3. Menegakan standar dan ethik profesi
4. Melindungi kepercayaan publik
5. Melindungi pemberi jasa
Tahapan uji nasional :

1. Pembentukan dan validasi standar kompetensi leh steakeholders
2. Menentukan kompetensi dasar yang diujikan
3. Pembuatan blue print sesuai objektif dari pendidikan (kriteria lulusan --> bidan)
4. Menentukan model test yang efektif & efisien

5. Membuat instrument test  yang valid/ reliable
6. Membuat standart setting dan proses pengambilan putusan
MCQ A type adalah :
1. Paling umum digunakan ujian lisensi oleh profesi-profesi (standardizet test)
2. Sejarah panjang riset
3. Cost effective untuk skala besar
4. Paling objectif & reliable
5. Memungkinkan berbagai variasi dan topik
6. Sulit & memakan waktu untuk di buat
Masalah Ujian :
1. Isi yang diajukan tidak konsisten 
2. Proporisi tidak konsisten 
3. Soal ada yang terlalu mudah / sulit 
4. Soal yang tidak layak masih sering keluar
Input :
1. Bleprinting 
2. Item Writer Standard 
3. Item Reviewer Standard 
4. ICT Support
Multiple Choice : One best Answer
Membuat Soal MCQ :
Untuk Level Tinggi (Provinsi/ Nasional)
1. Tidak semudah yang dibayangkan
2. Kedalaman, aplikasi, berpikir
Ciri Soal Kelas Tinggi :
1. Bukan soal ingatan sederhana (recall)
2. Menggabungkan berbagai data
3. Menggabarkan situasi nyata praktek (pekerjaan)
4. Bisa menjadi prediktor terhadap kemampuan kinerja
Taxonomy Cognitif Bloom :C1 - C6
Tahapan telaah soal (Review) :
1. Soal yang essensial dalam pekerjaan
2. Struktur standar soal (vignette/ kasus/ pernyataan, pernyataan, pilihan jawaban)
Vignete : Bisa Berisi :
1. Pernyataan 
2. Situasi
3. Kasus pasien
Ketentuan :
1. Logis
2. Sistematis
(Jangan terlalu panjang/ pendek)
Vignette / kasus/ stem (klinis)
1. Jenis kelamin, umur (e.g. perempuan 25 tahun)
Jenis Soal
1. Berupa soal pilihan berganda dengan lima pilihan jawaban soal.
2. Soal terdiri
Perhatikan : Soal paling banyak 58 kata, jawaban singkat.  
Tip
1. Vignette / fungsi kasus dianggap berfungsi jika tanpa vignette, pertanyaan tidak berfungsi dengan jelas.
Key Word penulisan soal MCQ :
- His 3/10'/ 40"
- Seorang perempuan
- Berusia
- SPOK
- Mempunyai 2 anak
- Tidak perlu Po Ao
- Sepakat bukan diagnosa tp diagnosis





Tidak ada komentar:

Posting Komentar